1.
APLIKASI
Istilah aplikasi berasal dari bahasa inggris "application"
yang berarti penerapan, lamaran ataupun
penggunaan. Sedangkan secara istilah, pengertian aplikasi adalah suatu
program yang siap untuk digunakan yang dibuat untuk
melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna jasa aplikasi serta penggunaan aplikasi lain yang
dapat digunakan oleh suatu sasaran yang akan dituju. Menurut kamus komputer eksekutif, aplikasi
mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan
salah satu tehnik pemrosesan data aplikasi yang biasanya berpacu pada sebuah
komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang
diharapkan.
2.
Definisi
Protocol
Protocol
adalah satu set formal konvensi yang memungkinkan
komunikasi antara dua unit fungsional berkomunikasi. Protocol adalah bahasa
komputer yang digunakan untuk berbicara satu sama lain. Protocol mengatur komunikasi – komunikasi antara satu
computer ke computer lain dalam suatu jaringan
Dalam
teknologi informasi, protokol adalah himpunan aturan khusus bahwa titik
akhir dalam koneksi telekomunikasi yang digunakan saat mereka berkomunikasi.
Protokol menentukan interaksi antara entitas yang berkomunikasi.
Protokol ada pada beberapa tingkatan
dalam koneksi telekomunikasi. Misalnya, ada protokol untuk pertukaran data di
tingkat perangkat keras dan protokol untuk pertukaran data di tingkat program aplikasi. Dalam model standar
yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI), ada satu atau lebih
protokol pada setiap lapisan dalam pertukaran telekomunikasi yang kedua ujung pertukaran harus mengakui
dan amati. Protokol sering digambarkan dalam suatu industri atau standar
internasional.
HTTP
( Hypertext Transfer Protocol ) adalah
sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server.
Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat
hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode
permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti
dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek
dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
HTTP
berkomunikasi melalui
TCP/IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat
sambungan, klien dapat mengirimkan pesan permintaan HTTP ke server. HTTP
igunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server,
dikembalikan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.
4.
HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas
format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan
kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan
dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya
banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang
digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan
penggunaannya oleh World Wide
Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi
Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun
1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
è Kegunaan HTML
·
Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
·
Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman
gambar hidup.
·
Membuat form interaktif.
5.
INTERNET
Internet atau Interconnection Networking atau
International Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan berjuta-juta
komputer diseluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer. saat
ini Internet telah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat di dunia.
Manfaat dari internet juga sangat besar. contoh kecil kita bisa mencari berbagai materi pembelajaran di internet. kita bisa mengenal banyak teman baru di internet. selain itu kita pun juga bisa menghasilkan rupiah dari internet. Tetapi, selain memiliki manfaat, ternyata internet juga memiliki banyak sekali kerugian. banyak sekali software-software bajakan beredar di internet, kemudian banyak juga video-video porno yang beredar tak terkendali di internet. nah sudah menjadi tugas kita untuk bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan kita agar internet bisa menjadi suatu teknolgi yang bermanfaat.
Manfaat dari internet juga sangat besar. contoh kecil kita bisa mencari berbagai materi pembelajaran di internet. kita bisa mengenal banyak teman baru di internet. selain itu kita pun juga bisa menghasilkan rupiah dari internet. Tetapi, selain memiliki manfaat, ternyata internet juga memiliki banyak sekali kerugian. banyak sekali software-software bajakan beredar di internet, kemudian banyak juga video-video porno yang beredar tak terkendali di internet. nah sudah menjadi tugas kita untuk bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan kita agar internet bisa menjadi suatu teknolgi yang bermanfaat.
6.
WEB SERVER
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server
yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari
klien/user yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali
hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web
Server yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet
Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform,
sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.
7.
BROWSER TRANSACTION
Browser Transaction adalah software atau program yang
digunakan untuk menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin seperti
daftar gaji dan inventarisasi.
8.
USER
User atau Pengguna adalah seseorang yang menggunakan atau
menjalankan system sesuai kebijakan penggunaan. Kebijakan penggunaan system
didapat dari Sistem Administrator sesuai kebutuhan dan fungsi User. User hanya
dapat melihat data yang ditampilkan sesuai akun.
9.
GENERATE CONTENT
Generate
Content yaitu
konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Situs-situs
yang populer kini pun banyak mengandalkan Generate Content untuk selalu menjadi
situs yang up-to-date. Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau
perubahan yang dianggap perlu saja. Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam
situs tersebut justru berasal dari partisipasi aktif para penggunanya, sehingga
orang selalu dan terus-menerus tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.
10.
BLOGS
Blog
berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada
di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi
tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara
teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi
Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
1. Memiliki
Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
2. Memiliki
tujuan
3. Memiliki
isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
4. Postingan
atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
5. Isi
Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
· Menyampaikan
informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
· Memberikan
keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
· Menyalurkan
hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
· Berkarya
atau aktualisasi diri
· Saling
bertukar pengetahuan dengan pembaca dan Berbagi pengalaman
· berbagi
software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
· banyak
lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat.
11. WIKIS
Wikis
adalah
sebuah situs web (atau
koleksi dokumen hiperteks lainnya)
yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.
Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif
yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
CIRI – CIRI WIKIS :
·
Wikis
memungkinkan pengguna untuk mengubah sebuah halaman maupun membuat halaman baru
dalam situs web, dengan menggunakan peramban web.
·
Wikis
dapat menunjukkan keterkaitan antara sebuah halaman dengan halaman lainnya,
menggunakan pranala dalam
halaman.
·
Wikis
mengundang pengunjung untuk ikut terlibat dalam membuat dan berkolaborasi yang
membangun situs web tersebut.
12.
SOCIAL NETWORK
Social Networking adalah kegiatan
menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring
sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh
siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini
dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal
status update pun memiliki potensi dengan dampak yang
luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.
Media
yang biasa digunakan untuk social networking yaitu seperti, Facebook, Twitter,
Foursquare, MySpace,Yahoo Messenger, dll .
13.
FOLKSONOMIES
Folksonomies adalah sebuah
metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan
content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda
pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak
selalu harus berupa teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang
saling terkait denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag
cloud memiliki 30hingga 150 tag.
14.
WEB SECURITY
Web Security adalah tata cara
mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab
melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.