A.
Definisi Web Sience
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
B. Sejarah Web
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
B. Sejarah Web
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs
adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang
disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas
lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server
web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan
wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan
atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai
Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya
halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada
prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk
mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan
pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi
aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut,
misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan
surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan
karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa
(plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan
instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi
dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh
peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor
komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi
jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek
keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula
mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Pre Web : Memex, Hypertext, Internet, Usenet, FTP, Gopher.
Pre Web Design adalah langkah awal
(persiapan) yang harus dilakukan dan dipikirkan sebelum
merancang-membangun-membuat situs web-website.
Pada Artikel Pre Web Design Bagian I
ini saya tujukan bagi mereka belum punya situs web dan ingin pesan situs
web-website atau ingin merancang-membuat sendiri situs web-website. Kalo anda
termasuk di dalamnya, silahkan anda ikuti dahulu petunjuk-petunjuk berikut ini
:
1. Content–Tema Website
Content-Tema atau isi situs
web-website adalah hal yang paling utama dan untuk memulai merancang sebuah
situs web. Dari sebuah tema website anda bisa mulai berpikir, yang akan
ditampilkan dan bagaimana nanti jadinya….
Content dari sebuah web bisa
ber-format text, gambar,audio-video dan berupa artikel tentang Internet,
Berita, Pengetahuan, Teknologi, Tutorial, Edukasi dan sebagainya, yang nantinya
akan anda racik dan ditata alur-nya semenarik mungkin untuk menarik minat baca
pengunjung Situs.
2. Tujuan-Manfaat Membuat Website
Setelah menemukan tema yang anda
pilih untuk ditampilkan dalam website, anda harus tentukan manfaat-tujuan utama
untuk apa anda membangun website tersebut. Apa untuk profil pribadi, forum
diskusi (social network), menjual produk, memajang artikel agar mudah ditemukan
di search engine, dan lain-lain.
3. Target Pengunjung Website
Target pengunjung yang diharapkan :
dari dalam negeri atau luar negeri, laki-laki atau perempuan, pemula atau
expert, tua atau muda, dan lain-lain.
4. Aktifitas Pengunjung Website
Penting juga hal ini dipikirkan,
setidaknya-kemungkinan apa saja yang nantinya pengunjung website anda lakukan
,mereka bisa membeli atau sekadar memasukkan data seperti nama dan e-mail,
mendownload, ikut polling/survey, pasang iklan, dan lain-lain.
5. Alur-Struktur Website
Kerapian penataan sebuah halaman web
perlu diperhatikan juga agar pengunjung lebih mudah melakukan navigasi ke
tiap-tiap halaman website anda. Setidaknya minimal ada tombol (menu navigasi )
; Home, About, Product, Contact pada halaman website anda.
6. Jenis-Model Website
Situs jenis apa yang ingin anda
buat: situs situs statis, situs dinamis, atau situs interaktif, pakai bahasa
html, php atau yang lainnya.
7. Browsing- Surfing-Googling
Perbanyak Browsing , Surfing ataupun
Googling situs-situs web di internet, perhatikan dan pelajari dengan seksama
tampilan-desain situs yang anda kunjungi ( kalau perlu Bookmark situs web
tersebut ). Mungkin disana anda mempunyai ide-ide bagaimana harusnya tampilan
situs yang nanti akan anda buat atau pesan.
1.
MEMEX
Memex (
berasal dari "memori" dan "index") adalah nama dari
sistem proto hypertext hipotetis yang dijelaskan Gagasan
tentang adanya alat untuk memberdayakan informasi bukan hal baru. cerita ini
dapat dirunut balik ke Dr. Vannevar Bush dengan "mesin memex" yang
dikonsepkannya dalam tahun 1945 . Bush, direktur U.S. Office of Scientific
Research and Development selama perang dunia II, meramalkan dikembangkannya
sebuah alat tempat kita dapat menyimpan sebuah buku, catatan , dan komunikasi
kita serta menghadirkan data pada sebuah layar.
Mesin
memex ini mampu menyimpan kumpulan informasi selama ratusan tahun, termasuk
catatan panjang , komentar-komentar dan foto foto. Dengan sistem indeks
asosiatif orang dapat menciptakan dan mempertahankan keterhubungan diantara
semua isi agar informasi penting untuk suatu saat mudah ditemukan dan
dikorelasikan dari kumpulan data sebanyak itu.
Mesin memex Bush yang digambarkan sebagai sebuah meja sungguhan berukuran
besar dengan alat penyimpan mikrofilm yang dioperasikan menggunakan tuas-tuas
mekanik, mungkin dapat diperbandingkan dengan cerita Wizard of Oz, tukang sihir
yang bekerja dibalik layar. Akan tetapi, analisisnya tentang masalah yang
dihadapi-tidak cukupnya cara kita menangani informasi kala itu-serta
solusinya-sebuah alat yang menyimpan dan mengorganisasikan semua informasi-
secara mendasar betul sekali. pada hakikatnya ia menggambarkan PC multimedia
yang terhubung dengan web, tetapi dengan bahasa teknologi mekanistik tahun
1945. ia bahkan telah meramalkan adanya mesin-mesin pencari setara dengan yang
ada pada Internet, yang" menyediakan jalan-jalan mudah untuk memasuki
belantara informasi."
2.
Internet
dan Usenet
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan
riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga
membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada
1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain
sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga
langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika
Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang
ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang
sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan BobKahn mempresentasikan
sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris
berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di
Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di
ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim
Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
Tahun 1981 FranceTelecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon
televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan
video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin
banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.
Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet
Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan
komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan
komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet
menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka
pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan
DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada
sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung
ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang
bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk
jaringan itu. Program inilah yang
disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
3.
HTML
HTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu
protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana
suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga
mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web
browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet
browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web
server.
Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai
dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database,
file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali
ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.
4.
FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah
suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang
menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP
adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang
menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file
dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat
permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang
merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah
terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload,
merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP
server.
Tujuan dari FTP server adalah
sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau
implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat
penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data
yang reliable dan efisien
5.
Gopher
Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang
didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah
pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native
Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di
dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang
sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih
umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang
memfasilitasi berbagai implementasi klien.
Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun
berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil
dari server aktif-tetap dipertahankan.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://blog.uad.ac.id/yanadhi/2012/05/28/pre-web-design-persiapan-membuat-website-situs-web/
http://knifemare.blogspot.com/2009/04/sejarah-internet.html
http://carakata.blogspot.com/2012/03/sejarah-internet-perkembangan-internet.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
http://novanri.blogspot.com/2012/09/pengertian-gopher-internet-sebagai.html
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.[
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents)
Web Science dan Metodologi Web
Science
Web Science juga berarti
cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik
atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang
sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem
Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus
pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat
disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi
yang baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan
dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan
pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web
Science Trust.
Proses dari web science sendiri
terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim
Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan
masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat
direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan
mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah ide terealisasi, tentunya
teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada
akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim
Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses terciptanya
sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih
lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana
manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka
muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet
(Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email
yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang
menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika
Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini
melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur
Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh
laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de)
melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis
yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Produk dijamin asli
BalasHapusTILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL
Dijual
Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-
Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-
Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-
Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-
Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000
Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-
Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000
Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-
Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-
Ready Stock !
Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
Rp.450.000,-
Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-
Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-
Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-
Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000
Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-
Ready Stock !
Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
Rp 1.300.000
Ready Stock !
Acer Aspire S3-951-2364G34iss
Rp. 1.200.000,-
Ready Stock !
Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
Rp. 2.500.000,-
Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
Rp. 2.500.000,-
Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mm
Rp.1.700.000
Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000
Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000
Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000