Senin, 22 November 2010

Kerupuk Kulit

Proses Pembuatan Kerupuk Kulit
Di Rancang Oleh


Valerian Setia Dharma
Dimas Fahriza Ismail
Muhammad khaidir Fadil
Vivi Julianti

1EB20



Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah S.W.T, yang telah memberikan kesehatan pada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini serta yang menciptakan alam semesta ini. Allah menciptakan manusia dengan akal dan pikiran untuk memenuhi kehidupannya serta dapat mengembangkan teknologi sehingga lebih maju. Semua itu dibutuhkan kemampuan dan belajar. Belajar dan usaha merupakan jalan agar seseorang bisa mencapai tujuannya.
Dalam makalah tentang cara pembuatan kerupuk kulit ini, kami buat dengan materi-materi tentang cara dan langkah-langkah dalam pembuatan kerupuk kulit. Isi makalah ini cukup lengkap dari Langkah awal sampai selesainya proses pembuatan kerupuk kulit.
Agar isi makalah ini dapat mudah di mengerti, kami menyusunnya dengan sistematis dan semenarik mungkin. Akhirnya kami selaku penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfat bagi kita semua, mohon kritik dan sarannya demi kelengkapan makalah ini.

Bekasi, November 2010



Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Makalah ini kami buat di dasari karena rasa keingintahuan akan cara membuat kerupuk kulit. Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai macam jenis makanan daerah. Oleh karena itu kami berusaha mencari tahu mengenai pembuatan atau produksi awal kerupuk kulit.

Dari beberapa hasil pencarian kami ketahui bahwa kerupuk kulit berasal dari daerah jawa tengah yaitu Yogyakarta dan sering di pergunakan untuk makanan gudeg dan krecek. Dan kerupuk kulit pun sudah berkembang luas di daerah Indonesia.
Dengan makalah ini, kami juga ingin mengajak kepada masyarakat luas agar kita bisa membuat kerupuk kulit atau membuat usaha seperti ini. dan Jadikanlah usaha seperti ini untuk membuat lapangan pekerjaan yang baru dan bisa mengurangi tingkat pengangguran.
1.2 Tujuan

• Megetahui cara pembuatan kerupuk kulit
• Mempelajari langkah awal dari pembuatan kerupuk kulit

1.3 Manfaat

• Menambah wawasan kita mengenai sebuah pembuatan kerupuk kulit



Daftar Isi

Pendahuluan 1
Kata Pengantar 2
Daftar Isi 3
Cara Pembuatan Kerupuk Kulit 4-5
Penutup 6


BAB II
CARA PEMBUATAN KERUPUK KULIT

Kerupuk kulit merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar dari kulit sapi atau kerbau.Namun dalam pembuatan bahan dasarnya tidak semua jenis sapi atau kerbau yang bisa diambil kulitnya untuk pembuatan kerupuk kulit ,Karena disini lebih diutamakan sapi atau kerbau yang berumur masih muda dan sapi atau kerbau yang paling bagus untuk bahan dasar pembuatan kerupuk kulit adalah sapi atau kerbau yang berasal dari kupang dan bali.karena selain mudah dalam penggolahanya kerupuk yang dihasilkan juga lebih bagus kualitasnya ,oleh karena itu kulit yang sapi atau kerbau untuk dasar pembutannya tidak boleh sembarangan agar hasilnya memuaskan konsumen apabila ia mengkonsumsinya .
Dalam pembuatan kerupuk kulit juga diperlukan banyak pekerja untuk mendukung hasil produksi . para pekerja sudah mempunyai tugasnya masing-masing. cara pembuatan kerupuk kulit tidak semudah yang kita bayangkan .
Bahan – Bahan : Kulit sapi kupang dan bali
Air mendidih sekitar 1 atau 2 bak
Penggorengan besar dan oven Panjang
Dan alat-alat tajam lainnya
Langkah pertama kulit sapi atau kerbau dipesan dari luar daerah seperti kupang atau bali.
Setelah itu kulit sapi sebagai bahan dasar utama sampai dipabrik para pekerja bersama-sama bergotong-royong untuk membersihkan bulu-bulu yang ada pada kulit sapi dengan cara dipanggang dalam bara atau tungku pembakaran .
Setelah itu kulit sapi terpisah dari bulu-bulunya para pekerja melanjutkannya dengan mencuci kulit – kulit sapi kedalam sebuah wadah yang telah berisi air dan di cuci beberapa kali sampai bersih dan ditiriskan ,
Setelah itu airnya mulai kering kulit pun mulai dipotong kotak-kotak kecil oleh 2 orang pekerja atau lebih untuk yang bertugas memegangi kulitnya agar mudah untuk dipotong.kulit sapi yang telah dipotong diletakan dalam sebuah tempat segi empat memanjang dan siap untuk dijemur diluar pabrik tempatnya dilapangan yang telah disediakan .
Biasanya kulit dijemur dari pagi sampai sore.
Setelah matahari mulai terbenam kulit yang tadi dijemur siap di angkat kedalam pabrik kembali dan digoreng setengah matang dalam minyak yang telah dipanas kan sedikit demi sedikit dan kemudian ditiriskan.
Namun bila tidak ada matahari di siang hari atau pada saat hujan. Pegganti dari pemanasan matahari yaitu dengan menggunakan pemanasan lewat oven yang sudah tersedia oleh pabrik atau produsennya.
Setelah kulit terpisah dari minyak tadi dan didinginkan, kulitpun dimasukan dalam karung yang berukuran 50 kg dan siap untuk dipasarkan. tapi kerupuk kulit yang dihasilkan oleh pabrik baru berbentuk kerupuk kulit setengah jadi .
Bagi para pembeli ,yang ingin menikmati kerupuk kulit terlebih dahulu harus di goreng kembali.biar bisa dikonsumsi oleh keluarga .



PENUTUP
Kesimpulan

Kekurangan dalam proses pembuatan kerupuk kulit :
1. Tempat pembuatan kerupuk kulit(pabrik) kurang diperhatikan kebersihan tempat dan pembuatanya .
2. Para pekerjanya pun juga kurang memperhatikan kebersihan diri Karena para pekerja. bekerja dengan tanpa menggunakan baju.
3. Alat-alat yang digunakan masih manual .
4. Manajemen yang digunakan masih sederhana .
Keuntungan dalam proses pembuatan kerupuk kulit :
1. Biaya yang digunakan masih tebilang murah karena alat-alat yang digunakan cukup sederhana .

4 komentar:

  1. Kerupuk Kulit Sapi Jawa Timur
    Kerupuk rambak kulit sapi super cocok untuk hidangan pelengkap di hari Lebaran ataupun hari-hari biasa sebagai camilan ringan dan bisa juga digunakan sebagai pelengkap hidangan lontong dengan kuah opor ayam serta aneka masakan lainnya.

    Selain rasanya yang gurih , enak dan khas kerupuk rambak konon juga bermanfaat sebagai obat sakit maag lantaran kerupuk ini akan berubah menjadi lendir saat dikunyah, dan mengandung kalsium tinggi. Nah bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya kerupuk rambak asli jawa timur ini . Kami menyediakan beberapa kemasan sebagai berikut :

    Mentah per 1kg = Rp. 56.000,-
    Matang per 1kg = Rp. 80.000,-

    Harga Diatas belum termasuk Ongkos Kirim.
    * Beli partai besar dapat diskon khusus

    Bagi anda yang ingin memesan dapat menghubungi :

    Dwi dharmawan
    Alamat : Jl. Griya Kauman Indah B-2 Bangil Pasuruan
    Telephone : 0343870328
    Handphone : 085646622322

    * Anda dapat memesan dalam ukuran kecil sebagai tester 1/2 Kg per prodyuk dengan pemesanan minimal 1 Kg (bagi reseller yang akan dijual lagi produknya )

    * PEMESANAN MINIMAL 1 KG (untuk dikosnsumsi sendiri )

    BalasHapus
  2. keren gan makalahnya
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus